Pembinaan dan Pengawasan Keamanan Pangan Takjil di wilayah Alun-alun Banyumas

Dilihat : 717 Kali, Updated: Kamis, 28 Maret 2024
Pembinaan dan Pengawasan Keamanan Pangan Takjil di wilayah Alun-alun Banyumas

Rabu, 27 Maret 2024, Datangnya bulan Ramadhan identik dengan banyaknya pedagang Takjil yang berjualan ditempat tempat umum seperti tepi jalan maupun alun-alun. Takjil sendiri yaitu istilah umum untuk kudapan yang dimakan sesaat setelah berbuka puasa, biasanya berupa makanan manis seperti kolak pisang, sup buah, es campur, dan lain sebagainya. Kecamatan Banyumas memiliki alun-alun Banyumas yang menjadi pusat keramaian masyarakat dimana banyak pedagang Takjil yang menjajakan dagangannya.

Guna meminimalisir faktor resiko terhadap kemungkinan kejadian luar biasa keracunan pangan pada konsumen/masyarakat maka penting untuk dilakukan upaya pembinaan dan pengawasan keamanan pangan takjil. Puskesmas Banyumas bersama dengan Forkompimca melakukan pengawasan dan pembinaan keamanan pangan terhadap produk pangan siap saji kepada penjual Takjil di sekitar Alun-alun Banyumas.  Dalam penyampaian sosialiasi dan edkuasi petugas menyampaikan pada penjamah makanan agar bahan baku dan bahan olahan yang sudah jadi terlindung dari bahaya fisika, kimia dan biologi sehingga mengurangi resiko pada makanan. selain hal itu diharapkan penjamah makan untuk bisa meminimimalisir adanya bahan tambah pangan sehingga tidak menjadikan penyakit kronis pada pencernaan.

Dengan demikian penjamah makanan yang ada di wilayah Kecamatan Banyumas merupakan sasaran pada program pelatihan keamanan pangan yang di laksanakan oleh Puskesmas Banyumas. 

 

 

 

 

 

Related Posts

Komentar